DaerahKota Bengkulu

Kementerian Dalam Negeri Dan Pemerintah Provinsi Bengkulu Resmi Menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasita Aparatur Pemerintahan Desa Dan Pengurus Kelembaga Desa Gelombang VIII

Bengkulu, Bicaranews.info – Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa di Provinsi Bengkulu telah memasuki Angkatan VIII. Adapun kegiatan pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyakarat dan Desa Provinsi Bengkulu, Siswanto, S.Sos., M.Si, Dan turut dihadiri oleh Tim Pendamping dari Kementerian Dalam Negeri, National Management Consultant (NMC) dan Regional Management Consultant (RMC) Provinsi Bengkulu pada Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Ballroom Hotel Grage, Kota Bengkulu, pada 22 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Siswanto menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari Aparatur Desa maupun Pengurus Kelembagaan Desa.

“Provinsi Bengkulu sangat berterima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri yang telah menginisiasi dan menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini secara serentak diseluruh Indonesia. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi Aparatur Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dimana kita tahun bahwa dalam penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan Desa perlu dioptimalkan dari segi Ilmu pengetahuan dan keterampilan dari seluruh Aparatur Desa dan juga Pengurus Kelembagaan Desa”, pungkas Siswanto.

Siswanto menegaskan kepada Desa yang telah mendapatkan kesempatan pelatihan agar dapat memanfaatkan momentum dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas diri masing-masing. Disamping itu, Siswanto juga berharap bahwa bagi Desa yang belum mendapatkan kesempatan Pelatihan pada tahun ini dapat diikutsertakan pada pelatihan di tahun selanjutnya.

“Melalui Pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu untuk mengoptimalkan segala media pembelajaran yang diberikan baik oleh Pelatih maupun Narasumber, agar nantinya dapat diterapkan dalam proses perencanaan pembangunan, implementasi program, sampai dengan evaluasi kinerja Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa. Jangan takut untuk saling berbagi informasi, baik terkait pengalaman dalam mengembangkan Desa maupun permasalahan-permalasahan yang masih terdapat di Desa masing-masing. Selain itu, bagi Desa yang belum mendapatkan kesempatan pelatihan, kami berharap kepada Kementerian Dalam Negeri agar mengikutisertakan Desa-Desa tersebut pada kesempatan selanjutnya. Harapannya adalah agar seluruh Desa di Provinsi Bengkulu mendapatkan kesempatan yang sama dalam Peningkatan Kapasitas sehingga kemajuan Desa di Provinsi Bengkulu dapat dirasakan secara serentak dan menyeluruh”, pungkas Siswanto.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa yang merupakan bagian dari Program Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Provinsi Bengkulu telah dilaksanakan sejak 20 September 2023 yang terbagi dalam 10 Gelombang dengat target 664 Desa dan 2.656 Peserta. Adapun Jenis Pelatihan yang dilaksanakan meliputi Pelatihan Aparatur Desa (PAD) Dasar, Penetapan dan Penegasan Batas Desa, Penguatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Penguatan Kerjasama Desa, Penguatan PKK, Penguatan Posyandu, Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD). Pada Gelombang VIII yang dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 25 Oktober 2023, pelatihan yang diselenggarakan hanya meliputi Jenis Pelatihan Penguatan PKK, Penguatan Posyandu, dan Penguatan LKD dan LAD.

Sumber : Rillis

Editor : Rosa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *