Hukrim

Kabid Humas Polda NTB Apresiasi Usul Pembina GJI NTB Tentang ID Card Khusus Wartawan Hukrim

Banyaknya oknum wartawan yang mengaku -ngaku Wartawan Hukrim Polda NTB, padahal basicnya wartawan ekonomi , Ini perlu ditertibkan agar tidak tumpang tindih.

Untuk itu sudah beberapa kali Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Rio Indra Lesmana menggelar jumpa pers dengan wartawan peliput kegiatan Polda NTB. Namun dalam pertemuan Rabu, 24 Januari 2024, ada sesuatu yang baru. Yakni, Pembina Gabungan Jurnalis Investigasi Nusa Tenggara Barat (GJI NTB), Aminuddin mengusulkan agar wartawan Hukum & Kriminalitas (Hukrim) diberikan Id Card Khusus, mendapat apresiasi dari Kabid Humas Polda NTB.

“Saya mengusulkan ke Pak Kabid Humas agar keberadaan semua wartawan hukrim Polda NTB diberikan Id Card khusus sebagai wartawan Hukrim, kalau bisa dibedakan dengan keberadaan wartawan hukrim di setiap Polres dan polresta yang ada,” ujar Babe Amin, sapaan gaul owner PosKotaNTBcom itu.

Usulan tersebut gayung bersambut, disambut hangat Kombes Pol Rio Indra Lesmana dan para wartawan yang hadir di salah satu lesehan di Jalan Majapahit, Kota Mataram, Rabu siang tadi.

Kombes Rio mengatakan dalam waktu dekat Bidang Humas Polda akan merancang dan mendiskusikan format terbaik agar semua wartawan hukrim Polda NTB memiliki Id Card Khusus saat melakukan tugas-tugas jurnalistik sesuai UU 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Diusulkan pula bagi wartawan baru yang ingin bergabung disarankan menyerahkan surat tugas khusus dari pemred masing-mading ke Bagian Penmas Polda NTB. Sebagai mitra Kepolisian Indonesia keberadaan para Jurnalis harus berada pada tupoksi dan posisi yang jelas, termasuk hak dan kewajibannya.

Id Card tersebut, kata Babe Amin, tujuannya untuk mempermudah peliputan ke setiap Polres di lingkup Polda NTB.

Dia setuju Id Card itu akan disertai Barcot Khusus dan diberi logo Polri dan nama media masing-masing wartawan, tujuannya untuk mempermudah dalam kegitan jurnaliastik ke setiap Polres yang ada.

Pada acara tersebut hadir sekitar 30 wartawan dari berbagai media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *